Thursday, October 20, 2011

1/2 Realis


Pada postingan sebelumnya, aku membahas tentang gambar dan juga di dalamnya dibahas tentang teknik menggambar perspektif. Kali ini, aku ingin berbagi tentang gambar sketsa, yang sudah aku singgung sedikit mengenai sketsa foto. Sketsa itu, engga hanya melulu sketsa foto atau realis, namun ada juga sketsa jenis karikatur dan semi-karikatur. Alat yang digunakan juga bermacam-macam bisa pensil, pensil warna, tinta, cat minyak, cat air dan lain-lain. Jenis pensil. Media gambar juga banyak jenisnya, ada kertas ataupun kanvas.


Nah, aku menyebut diriku sendiri sebagai seorang setengah realis. Soalnya kalo dibilang realis juga gambarnya ga terlalu menyerupai foto, masih setengah-setengah cartoon hehehe.. But, I promise myself to improve my skill on drawing (owh yeeeeaaah!!).



Alat yang aku pakai untuk sementara ini masih pensil. FYI, ada kira-kira 50 buah pensil yang aku punya. Aku sukaaaaa aroma kayu pensil hehehehe (weird!!).  Pensil yang aku punya bermacam-macam, ada pensil biasa HB, 2B sampe 8B, jenis grafit, sama jenis carchoal ato bahasa kerennya disebut arang :D.

Alat yang aku pakai untuk sementara ini masih pensil. FYI, ada kira-kira 50 buah pensil yang aku punya. Aku sukaaaaa aroma kayu pensil hehehehe (weird!!).  Pensil yang aku punya bermacam-macam, ada pensil biasa HB, 2B sampe 8B, jenis grafit, sama jenis carchoal ato bahasa kerennya disebut arang :D.


Beragamnya jenis pensil itu bukan sekedar buat keren-kerenan loohh. Sesuatu hal yang diciptakan itu pasti ada manfaatnya (hayah..). Adanya kode-kode seperti H dan B itu sarat akan makna hehehe. Pensil dengan kode H relatif keras dan kurang nyata kalo dipakai gambar, sedangkan pensil dengan kode B cenderung lebih lembut dan tebal. Tau engga, ternyata yang bikin keras pensil itu adalah karena adanya campuran tanah liatnya. Jadi semakin banyak campuran tanah liatnya, maka pensil itu akan semakin keras. Gituuu.. Aku lebih suka pakai grafit, membuat arsiran gampang tebelnya dan hasil akhirnya agak mengkilap.  Tapi sekali lagi, harus disesuaikan dengan keperluan dan tujuan menggambar itu sendiri.


Nah, ini dia sketsa yang berhasil aku buat ^^
terinspirasi sama kartun-kartun komik Jepang hehehe..

yang di atas merupakan map file tempat aku nyimpan hasil sketsa-sketsaku :)
dan sketsa yang bawah merupkan sketsa dari fotonya Kristen Stewart (ga mirip :D :D)

 ini adalah sketsa foto teman-temanku, dan sketsa kanan bawah merupakan seorang teman yang kini menjadi teman hidup aku ^^ luv you luv you.. :D


Ini merupakan sketsa foto dengan jumlah orang terbanyak hehehe,, jadi membutuhkan ketelitian yang lebih, agar tidak kehilangan detail, soalnya gambarnya lebih kecil dari biasanya :)



 Rencananya sketsa ini akan dipakai untuk standing frame resepsi pernikahan aku dan hubby-kuwh ^^, tapi engga jadi gara-gara sampe menjelang hari H sketsanya belum jadi, sementara masih banyak persiapan lain yang belum kehandle.. hehehe.. 
Oia, dan ini merupakan sketsa pertama yang aku buat dengan menggunakan teknik bantu 'grid'.
Hmm... ternyata hasilnya jauh lebih baik dan lebih gampang dalam prosesnya.

No comments:

Post a Comment